5 Dampak Berbahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Ruangan


Terbatasnya tempat untuk menjemur baju, membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk menjemur bajunya di dalam ruangan. Terlebih lagi jika dalam posisi yang menekan misalnya hujan lebat, keadaan angin yang tidak tenang. Sehingga menjadikan baju yang dijemur di tempat terbuka dapat terserang debu serta yang lainnya. Oleh sebab itu ada sebagian orang yang lebih memilih untuk menjemurkan bajunya di dalam ruangan tertutup.

5 Dampak Berbahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Ruangan

Meskipun kurang efisien, namun menjemur baju di dalam ruangan masih tetap jadi pilihan bagi kebanyakan orang. Akan tetapi tahukah Anda, jika menjemur baju di dalam ruangan memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan ? Hal ini memang harus benar-benar di perhatikan agar setiap orang tidak menjemur pakaiannya di sembarang tempat, terlebih di dalam ruangan.

Inilah 5 Dampak Buruk Bila Menjemur Baju Di Dalam Ruangan Bagi Kesehatan

1. Beracun
Salah satu dampak buruk dari menjemur baju yang masih basah didalam ruangan yaitu dapat mengakibatkan udara yang dihirup dalam ruangan tersebut memiliki kandungan toksin. Hal ini disebabkan karena timbulnya jamur beracun pada pakaian yang dijemurkan di dalam ruangan. Sehingga uap yang dikeluarkan oleh baju basah itu akan terhirup oleh semua yang ada di dalam ruangan tersebut. 

Umumnya type jamur yang ditemukan dalam baju basah di kenal dengan nama Stachybotryschartarum.  Dan type jamur ini biasanya ditemukan di dinding, bingkai jendela serta lantai. Oleh karenanya, sebaiknya jemur baju dan pakaian Anda di luar ruangan yang terpapar sinar matahari supaya aman serta gampang dikeringkan.

2. Menjadikan kekebalan tubuh melemah
Uap udara dan zat-zat beresiko yang dihasilkan dari baju basah apabila terus menerus di hirup, dapat mengakibatkan badan mengalami infeksi yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Umumnya hal ini dipicu dengan badan merasa kelelahan, batuk, iritasi pada tenggorokan serta mata. 

3. Mengakibatkan asma
Jika Anda terus menerus menjemurkan pakaian di dalam ruangan, tidak tertutup kemungkinan untuk terserang penyakit Asma. Hal ini disebabkan karena kelembaban udara akibat baju yang dijemur didalam ruangan menyebabkan pertumbuhan spora, jamur serta tungau debu yang berakibat buruk bagi kesehatan. Dengan demikian dapat merusak keseimbangan udara sehingga kualitas udara menjadi buruk disekitar ruangan tersebut. 

4. Alergi
Terutama pada anak-anak yang menderita alergi, apabila mereka terus-terusan menghirup udara yang dihasilkan oleh baju yang dijemur dalam ruangan, maka akan sangat rawan mengalami beragam persoalan kesehatan. Diluar itu, dampak dari menjemur pakain dalam ruang ini dapat pula menyebabkan seorang terserang permasalahan kesehatan seperti bronkitis, sinusitis, serta beragam persoalan pernapasan yang lain.

5. Kanker
Setelah baju selesai dicuci, kebanyakan orang menambahkan pelembut dan pewangi pakaian sebelum dijemurkan. Nah, baju yang telah diberikan pelembut serta pewangi tersebut, apabila dijemurkan di ruangan tertutup maka dapat menjadi pemicu kanker. Hal ini dikarenakan baju yang telah diberikan pelembut serta pewangi tersebut memiliki tingkat Acetaldehydes yang sangat tinggi. Sehingga apabila udara yang dihasilkan dari baju basah tersebut terhirup, maka akan beresiko terkena kanker.

Demikianlah 5 dampak buruk dari menjemurkan pakaian di dalam ruangan yang harus kita ketahui bersama. Oleh sebab itu apabila ingin menjemurkan pakaian, ada baiknya di luar ruangan yang terkena sinar matahari. Namun apabila cuaca tidak mendukung, boleh saja menjemurkan pakaian di dalam ruangan, akan tetapi jangan terlalu lama. Selang beberapa saat jemurkan kembali di ruangan terbuka.  

8 Komentar untuk "5 Dampak Berbahaya Menjemur Pakaian Di Dalam Ruangan"

Baru sebatas hipotesa atau sudah melalui proses uji coba ilmiah?

Emangnya udah terbukti kalau menjemur pakaian dalam ruangan dapat menyebabkan kanker ?

Yang terpenting jangan di tumpuk.

Hanya sebuah ide. Tapi blum terbukti khan

Iyah nih.. Yg bener aja dong, mna bukti ilmiahnya..

kalo dalam ruangan,tapi masih terkena matahari dan masih ada celah angin-angin bagaimana?

Lah ya cuma sebatas share pengetahuan, kog dibantah. Anda ikuti atau tdk, tdk perlu sanggahan. Hadweeh

Back To Top