Istri, Berhentilah Kepo Pada Urusan Suami. Ini Dampak Buruknya


Dalam menjalankan biduk rumah tangga, dikatakan bahwa antara suami istri sebaiknya tidak ada rahasia. Meskipun begitu bukan berarti sebagai seorang istri harus tahu semua urusan sang suami. Tidak jarang ada istri yang suka diam-diam melihat ponsel, laptop ataupun tas suami.

Istri, Berhentilah Kepo Pada Urusan Suami. Ini Dampak Buruknya

Walaupun suami dan istri berkomitmen untuk saling percaya, tidak menutup kemungkinan bila suatu saat timbul rasa ingin tahu. Meskipun anda merasa bahwa hal itu tidak apa-apa, akan tetapi menurut Jeffrey M.Schwartz MD, penulis buku 'You Are Not Your Brain: The 4-Step Solution for Changing Bad Habits, Ending Unhealthy Thinking, and Taking Control of Your Life', “Pemikiran seperti itu sangat tidak benar. Bukan hanya dapat merusak kepercayaan suami jika ia mengetahui perbuatan tersebut, tetapi kebiasaan kepo ini juga berdampak buruk secara psikis ataupun psikologis”.

Berikut lima dampak buruk jika istri selalu ingin tahu urusan suami seperti yang dipaparkan Jeffrey M. Schwartz MD :

1. Melemahkan Kemampuan Kognitif
Schwartz mengatakan bahwa, ketika seseorang sedang melakukan kegiatan ‘mengintip’ ini maka ia akan merasa stres sehingga merangsang produksi hormon adrenalin dan kortisol. Ketika produksi jumlah hormon tersebut berlebihan,maka jumlah oksigen dan darah di bagian otak yang bertanggungjawab untuk pemecahan masalah, menjadi berkurang. Tidak hanya itu saja, tingginya hormon kortisol juga dapat mempengaruhi tingkat memori otak.

2. Membuat Berat Badan Naik
Seperti yang telah dijelaskan di atas, tubuh akan melepaskan hormon kortisol saat merasa stres atau gelisah. Lalu hal yang paling tidak mengenakkan dari kelebihan kortisol ini biasanya dihubungkan dengan peningkatan lemak perut. Sehingga semakin sering Anda mengintip ponsel, laptop atau apapun kepunyaan suami, maka perut anda akan semakin bergelambir.

3. Menyebabkan Kegelisahan
Menurut Schwartz, orang yang suka ingin tahu segala sesuatunya bisa merasakan kekhawatiran yang berlebihan sehingga dapat mengubah fungsi otaknya. Otak mampu menciptakan pola untuk memproduksi kortisol dan adrenalin yang sering dihubungkan dengan semakin tingginya tingkat kegelisahan. Hal yang perlu diingat, berdasarkan data National Institute of Mental Health, diketahui bahwa wanita 60% lebih berisiko ketimbang pria untuk mengalami gangguan kegelisahan.

4. Berisiko Mengalami Masalah Kardiovaskular
Schwartz juga mengatakan, kebiasaan selalu ingin tahu terutama pada pasangan bisa membuat tubuh melepaskan adrenalin dan kortisol. Bukan hanya itu saja, detak jantung juga bisa semakin cepat dan meningkatkan tekanan darah. Centers for Disease Control melaporkan, 1 dari 3 orang dewasa punya masalah tekanan darah tinggi.

5. Menyebabkan Susah Tidur
Ketika seseorang mulai terobsesi untuk selalu ingin tahu apapun urusan suami, maka bisa jadi ia selalu berusaha untuk terjaga di tengah malam atau bangun terlalu pagi agar bisa diam-diam mengintip barang pribadi pasangannya. Menurut catatan Centers for Disease Control, apabila seseorang sering kurang tidur maka siap-siap saja untuk berisiko memiliki masalah kesehatan seperti hipertensi atau diabetes.

Demikianlah ulasan mengenai dampak buruk jika istri selalu kepo urusan suami. Begitupun hal nya dengan kepo pada urusan orang lain. Oleh sebab itu sebaiknya sebagai seorang istri dan manusia yang baik sebaiknya hindari kebiasaan ingin tahu segala sesuatunya karena ternyata banyak dampak negatif yang ditimbulkan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Istri, Berhentilah Kepo Pada Urusan Suami. Ini Dampak Buruknya"

Back To Top