Empat Tanda Wanita Masuki Masa Menopause


Tubuh manusia memang tidak akan selamanya muda. Sebab, seiring bertambahnya usia maka akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh. Dimulai dari munculnya keriput, rambut yang memutih bahkan hingga penurunan beberapa fungsi organ tubuh.

Empat Tanda Wanita Masuki Masa Menopause

Pada wanita, terdapat perubahan lain yang akan terjadi saat memasuki usia lanjut. Salah satunya menopause. Menopause merupakan penghentian permanen menstruasi atau haid dari seorang wanita yang berarti berakhir pula masa reproduktifnya.

Menopause merupakan suatu hal yang alami terjadi dan harus dilalui oleh setiap wanita. Umumnya wanita mengalami menopause pada rentang umur 45-65 tahun. Namun, menopause juga bisa terjadi pada wanita dibawah usia tersebut yang dikenal dengan menopause dini. 

Banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita mengalami menopause dini, salah satunya adalah karena berat badan yang berlebih dan pecandu rokok. Oleh sebab itu, ada baiknya bila kita mengetahui tanda awal seorang wanita memasuki masa menopause, sehingga kita melakukan pencegahan untuk memperlambat kedatangannya. Dan berikut penjelasannya : 

1. Siklus menstruasi yang tidak teratur
Salah satu gejala awal dari menopause ditandai dengan ‘tamu bulanan’ yang datang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon dalam tubuh, sehingga menstruasi lebih singkat atau bahkan lebih lama dari biasanya. Hal ini biasanya sering dialami oleh wanita berusia 40 tahun ke atas

2. Cairan tubuh berlebihan
Tanda pre-menopause yang lainnya adalah tubuh yang semakin sering berkeringat. Penyebabnya juga hampir serupa, yaitu perubahan hormon yang mempengaruhi produksi keringat dan pengolahan panas dalam tubuh. Sehingga, untuk mengatasinya hindari kegiatan yang menyebabkan keluarnya keringat. Misalnya konsumsi makanan pedas, konsumsi alkohol dan kopi secara berlebihan. Selain itu, gejala ini juga diikuti dengan gangguan tidur seperti insomnia dan apnea.

3. Perubahan mood
Tanda lain untuk gejala awal menopause adalah perubahan mood yang cepat terjadi. Biasanya wanita yang memasuki masa menopause gampang marah, sedih dan gembira dalam waktu berdekatan. Dan yang harus diwaspadai adalah munculnya perasaan cemas berlebihan. Sehingga, bila tidak ditanggapi dengan benar, maka hal ini bisa menimbulkan depresi. Dengan begitu, untuk mengatasinya sebaiknya mulailah berolahraga secara rutin, atur asupan makanan dan awasi kadar gula darah.

4. Infeksi saluran urin
Untuk gejala yang satu ini, perlu diatasi dengan benar. Sebab, dapat membahayakan kesehatan tubuh. Selain itu, efek samping lainnya dari gangguan ini adalah munculnya rasa kering pada organ intim wanita. Sehingga, untuk menyiasati tanda pre-menopause ini adalah dengan tidak langsung buang air kecil usai berhubungan dengan pasangan. 

Mencegah Menopause 
Pada dasarnya setiap wanita memang akan mengalami menopause. Akan tetapi, tanda-tanda awal yang dialami oleh setiap wanita akan berbeda-beda, sebab tidak semua wanita akan mengalami gejala menopause yang sama. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau memperlambat datangnya menopause dalam kehidupan seorang wanita, beberapa diantaranya adalah :

1. Berhenti merokok
Apabila seorang wanita merupakan perokok aktif, maka ada baiknya bila Anda mulai menghentikan kebiasaan buruk ini karena dapat membuat keadaan Anda menjadi semakin parah nantinya

2. Melakukan olahraga dengan teratur
Sebaiknya seorang wanita melakukan olahraga dengan teratur, karena dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat membuat menstruasi menjadi lebih teratur.

3. Konsumsi makanan sehat kaya fitoestrogen
Untuk membantu meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh, maka sebaiknya makanlah makanan yang mengandung fitoestrogen. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengkonsumsi produk dari susu kedelai dan biji-bijian gandum yang merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan fitoestrogen yang tinggi dan juga bisa membantu mencegah tanda-tanda menopause pada wanita.

Demikianlah ulasan mengenai empat tanda-tanda seorang wanita memasuki menopause yang harus kita ketahui. Menopause merupakan hal yang alami terjadi pada seorang wanita. Kita memang tidak akan bisa menghindarinya selama masih hidup, namun kita dapat memperlambat kedatangannya dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 


1 Komentar untuk "Empat Tanda Wanita Masuki Masa Menopause"

Menopasue umumnya terjadi pada usia 51-53 tahun namun di zaman sekarang wanita seringkali sudah mengalami menopause di umur 40 tahun atau menopause dini. - http://goo.gl/XeNh3S

Back To Top