Mengintip Keindahan Pesona Pantai Pulau Merah


Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang reputasinya terkenal hingga internasional. Keberadaan Segitiga Berlian atau Triangle Diamond  yang terdiri dari Kawah Ijen, Pantai Plengkung dan Pantai Sukamade menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu kota tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan luar negeri. 

Mengintip Keindahan Pesona Pantai Pulau Merah

Selain Segitiga Berlian, juga ada Pantai Pulau Merah yang keindahannya mampu memukau mata para wisatawan. Memang keberadaan pantai ini tidak setenar Segitiga Berlian. Namun, keindahan yang ditawarkan juga tidak kalah eksotis.

Masyarakat sekitar menyebut Pantai Pulau Merah ini dengan sebutan Pulo Merah. Akan tetapi, sebenarnya pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih agak kecoklatan. Namun, saat musim kemarau tiba maka kawasan pantai ini akan terlihat kemerah-merahan.

Pantai yang dahulu bernama Ringin Pitu ini memiliki keunikan dibanding pantai lainnya yang ada di Banyuwangi. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah bukit kecil setinggi 200 meter yang berwarna kemerahan. Oleh sebab itulah pantai ini dikenal sebagai Pantai Pulau Merah. Meskipun demikian, bukit ini juga diselimuti oleh tumbuhan hijau yang mampu menutup warna merahnya. Sehingga apabila dilihat dari kejauhan tidak terlihat berwarna merah.

Pengunjung dapat menginjakkan kaki di pulau ini saat air sedang surut,  jaraknya hanya sekitar 100 meter dari bibir pantai sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Selain itu, pantai yang cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur ini juga merupakan salah satu destinasi yang disukai wisatawan asing, terutama bagi para pecinta olahraga selancar (surfing). Bahkan ombak di Pantai Pulau Merah ini juga disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Jawa Timur dan juga Indonesia.

Selain itu, kawasan pantai ini juga ditunjang dengan fasilitas yang baik seperti payung dan tempat berjemur yang disewakanoleh pihak pengelola. Disamping itu, juga terdapat sejumlah hotel dan fasilitas akomodasi di kawasan pantai ini.

Kemudian, pantai ini juga dekat dengan Gunung Tumpang Pitu serta berada segaris dengan Pantai Plengkung. Selain itu, pantai ini juga memiliki bebatuan karang yang semakin  menambah daya pikat yang eksotik selain bebukitan hijau yang terlihat asri. Sehingga, Anda bisa bersantai di pantai ini sambil menikmati angin pantai dan menyaksikan panorama yang indah.

Saat sore menjelang, pantai ini menawarkan keindahan sunset yang sangat indah. Disamping kebersihan pantai yang terjaga menjadikan beberapa kalangan wisatawan menganggap pantai ini sebagai kombinasi indah antara pantai Kuta, Legian dan Seminyak di Bali.

Untuk mencapai pantai ini, hanya memerlukan waktu 2,5 jam bila Anda berada di kota Banyuwangi.  Hanya dengan menempuh jarak sekitar 80 km dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tidak perlu khawatir akan tersesat, sebab disepanjang perjalanan tersedia banyak rambu-rambu yang akan mengarahkan Anda menuju kawasan pantai ini.

Namun, bila Anda dari arah Jember, maka tujuan selanjutnya adalah Pesanggaran. Dan dari Pesanggaran barulah menuju lokasi pantai.
Tag : Info Unik, Wisata
0 Komentar untuk "Mengintip Keindahan Pesona Pantai Pulau Merah"

Back To Top