Empat Perkara yang Lebih Menyakitkan Daripada Neraka

Neraka adalah tempat kembali yang paling buruk untuk semua ciptaan Allah SWT. Bagi mereka yang memiliki amal keburukan lebih banyak daripada amal kebaikan maka mereka akan masuk ke dalam neraka. Namun, terdapat empat perkara yang lebih menyakitkan daripada neraka. Padahal neraka sudah memiliki keburukan yang amat sangat untuk tempat kembali.

Empat Perkara yang Lebih Menyakitkan Daripada Neraka

Setiap manusia pasti mengalami kematian. Tapi, masih ada kehidupan yang menanti setelah kematian, yakni kehidupan di akhirat. Kehidupan akhirat adalah kehidupan yang sesungguhnya. Akhirat memiliki dua tempat bagi kita yang sering berbuat baik dan sering berbuat buruk. Ketika seorang manusia memiliki amal buruk lebih banyak maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka. Tetapi, terdapat empat hal yang lebih menyakitkan dari neraka itu sendiri. Lalu apa saja empat perkara yang lebih menyakitkan daripada neraka tersebut ? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Abadi di neraka lebih menyakitkan daripada neraka itu sendiri
Neraka adalah tempat bagi mereka yang suka berbuat maksiat ketika di dunia. Di dalamnya terdapat banyak siksaan yang amat pedih. Oleh karena itu, kekal di dalamnya akan terasa lebih menyakitkan daripada neraka karena mereka tidak akan bisa keluar dan menikmati kehidupan yang bahagia layaknya di surga. Tapi tak semua orang kekal di dalam neraka. Ada beberapa dalil yang menyebutkan bahwa ketika seseorang memiliki timbangan keburukan lebih berat sedikit, maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka terlebih dahulu untuk meleburkan semua dosa-dosanya. Kemudian mereka akan masuk ke surga.

2. Caci maki dan hinaan dari para malaikat
Salah satu dari empat perkara yang lebih menyakitkan daripada neraka ialah caci maki dan hinaan dari para malaikat. Neraka dijaga oleh beberapa malaikat. Ketika menjaga, mereka tidak hanya diam, melainkan mereka akan mencaci maki dan menghina orang-orang di dalam neraka dengan kata-kata yang begitu menyakitkan. Hal ini akan menambah pedihnya siksaan mereka di dalam neraka. 

3. Memiliki tetangga setan ketika di neraka lebih menyakitkan dari neraka.
Neraka adalah tempat bagi mereka yang tidak melakukan perintah Allah tapi justru melakukan larangan-Nya. Tidak hanya manusia berdosa yang akan masuk ke dalam neraka. Tapi setan dan iblis terlaknat juga akan masuk ke dalam neraka. Bahkan telah dijelaskan dalam sebuah dalil bahwa iblis akan dipastikan masuk ke dalam neraka. Oleh karena itu, jika seseorang masuk neraka mereka akan bertemu dengan jin, iblis maupun setan. Hal ini akan terasa lebih menyakitkan daripada neraka itu sendiri.

4. Kemurkaan Allah lebih pedih daripada neraka
Tak ada yang mengingkari bahwa adzab Allah memanglah sangat pedih. Neraka dan siksaan di dalamnya belumlah apa-apa jika dibandingkan dengan kemurkaan Allah. Allah adalah Maha Adil maka Dia akan membalas semua perbuatan manusia ketika di dunia.

Demikianlah empat perkara yang lebih menyakitkan daripada neraka. Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat bahwa masih ada hal yang lebih menyakitkan bagi mereka yang masuk ke dalam neraka. Padahal neraka sendiri memiliki siksaan yang amat pedih tapi masih ada yang melebihinya. 

Oleh karena itu sebagai seorang muslim hendaklah selalu berbuat baik. Allah adalah Maha Melihat. Dia akan melihat apa saja yang kita lakukan di dunia, bahkan Dia juga tahu apa yang ada di pikiran dan hati kita. Sebagai seorang muslim kita patut mewaspadai hal ini dan menjadikannya sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik.

0 Komentar untuk "Empat Perkara yang Lebih Menyakitkan Daripada Neraka"

Back To Top