3 Fakta Menakjubkan Tentang Neraka


Bila surga digambarkan sebagai tempat  yang indah dengan segala kenikmatan yang tidak tertandingi rasanya, maka  berbeda halnya dengan neraka. Pasalnya neraka selalu digambarkan sebagai sebuah tempat yang penuh siksaan dan azab yang diperuntukkan bagi manusia yang senantiasa berbuat kemungkaran.

3 Fakta Menakjubkan Tentang Neraka

Pedihnya siksaan di neraka bahkan telah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadist, sehingga setiap orang yang beriman akan selalu menjaga keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT.

Meskipun kita telah mendapatkan gambaran mengenai keadaan di neraka, namun kita tidak benar-benar mengenal dan mengetahui dengan pasti tempat yang sangat mengerikan tersebut. Bahkan ada 3 fakta yang akan membuat kita terkejut dan takjub tentang neraka yang mungkin selama ini belum kita ketahui. Lantas apa sajakah 3 fakta tersebut ? berikut penjelasan selengkapnya.

1. Neraka dapat melihat, berbicara dan menyampaikan keluh kesah
Fakta pertama tentang neraka yang belum kita ketahui adalah bahwa ternyata neraka dapat melihat, berbicara dan menyampaikan keluh kesah. Namun bagi mereka yang membaca penjelasan tentang neraka di dalam Al-Qur’an dan hadist akan mengetahui bahwasanya neraka merupakan ciptaan Allah yang bisa melihat, berbicara dan menyampaikan keluh kesah.

Selain itu, Al-Qur’an juga memberitahu kita bahwa neraka bisa melihat para penghuninya dari kejauhan saat mereka sedang menuju ke arahnya. Sehingga, ia akan mengeluarkan teriakan-teriakan yang sangat menakutkan sebagai pertanda betapa besar amarah, kegeraman dan kebenciannya terhadap orang-orang yang durhaka tersebut.  Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Furqan ayat 12 bahwa, 

“Apabila neraka melihat mereka dari tempat yang jauh, maka mereka akan mendengar kegeramannya dan suara nyalanya.“

Kemudian, Ibnu Jarir juga meriwayatkan bahwa Ibn ‘Abbas mengatakan bahwa seseorang akan diseret ke dalam neraka dan neraka akan menciutkan dirinya. Maka Allah berfirman, “Ada apa dengan engkau ?” dan neraka berkata, “Ia berusaha mencari perlindungan kepada-Mu dari aku.” Dan Allah berfirman, “Bebaskan hamba-Ku!” Kemudian seseorang  juga diseret lagi ke neraka, dan ia berkata,”Ya Allah, aku tidak mengharapkan hal ini dari-Mu.” Lalu Allah berfirman, “ Apakah yang engkau harapkan ?” Lantas orang itu berkata, “Bahwa ampunan-Mu juga akan diberikan kepadaku.” Kemudian Allah pun berfirman “Bebaskan hamba-Ku!”. Maka orang itupun dibebaskan. Sementara itu ada seorang lagi yang diseret ke neraka, maka neraka pun menyemburkan udara seperti keledai mendengus pada seekor unta. Dan kemudian neraka menghirup udara sebanyak-banyaknya sehingga tidak ada lagi yang tertinggal.

Bahkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Tirmidzi disebutkan dari Abu Shalih dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa,
“Pada hari kiamat nanti, ada sebuah leher yang akan menjulur dari neraka, dimana leher tersebut mempunyai dua mata untuk melihat, dua telinga untuk mendengar dan lidah untuk berbicara. Dan leher tersebut berkata, “Aku ditunjuk untuk mengawasi tiga jenis manusia yaitu penguasa yang lalim dan sombong, orang yang meminta kepada sesembahan selain Allah SW T dan orang yang suka berbuat gambar.” (At-Takhwif min an-Naar, hal.179)

2. Neraka memiliki tanduk-tanduk
Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Ibn ‘Umar mengatakan bahwa, “Aku melihat di dalam mimpi bahwa dua orang malaikat datang kepadaku. Dan masing-masing mereka memegang sebuah cemeti besi di tangannya. Lalu aku bertemu dengan seorang malaikat lain yang juga sedang memegang cemeti besi. Dan mereka berkata, “Jangan khawatir, sebab engkau orang baik, dan kami hanya menginginkan agar engkau lebih banyak shalat pada malam hari.”

Kemudian mereka membawaku ke pinggir neraka, dan yang terlihat seperti sebuah sumur dengan tanduk-tanduk, dimana setiap diantara dua tanduk ada seorang malaikat yang sedang memegang cemeti besi. Lalu aku melihat seseorang yang sedang tergantung terbalik, di ikat dengan rantai dan aku mengenal beberapa orang dari mereka sebagai orang-orang Quraisy.

Setelah itu kedua malaikat itu membawa alu kesebelah kanan. Kemudian aku bercerita kepada Hafsha tentang mimpiku itu, dan ia (Hafshah) pun memberitahu Rasulullah mengenai mimpi tersebut, kemudian Rasulullah SAW berkata bahwa, “Abdullah benar” (At-Takhwif min an-Naar, hal. 51)

3. Neraka berpengaruh terhadap bumi dan penduduknya

Dalam kumpulan hadist-hadist shahihnya Bukhari meriwayatkan bahwa Abu Hurairah mengatakan bahwa, “ Neraka mengadu kepada Allah dan berkata, “Ya Tuhanku, sebagian dariku telah menghabiskan sebagian yang lain.” Sehingga Allah lalu mengizinkannya untuk menghembuskan nafas sebanyak dua kali yakni sekali di musim dingin dan sekali di musim panas. Sehingga itulah sebabnya mengapa udara sangat dingin ketika musim dingin dan sangat panas selama musim panas.”

Selain itu, Bukhari juga meriwayatkan dari Abu Sa’id bahwa Rasulullah bersabda bahwa, “ Tundalah sholat sampai udara terasa sejuk, sebab utuara yang panas itu berasal dari neraka.” (Shahih al-Bukhari, bab “Bad ‘al-Khalq”, sub-bab “Shifat an-Nar wa Annaha Makhluqah”, dan Fath al-Bari, VI, hal. 330.)
0 Komentar untuk "3 Fakta Menakjubkan Tentang Neraka"

Back To Top