Inilah Orang yang Dimudahkan Jalannya Menuju Surga


Sejatinya ada banyak jalan yang bisa dilalui oleh setiap orang untuk mencapai surga. Namun dalam setiap perjalanann tersebut selalu ada rintangan yang akan menghadang. Sehingga hanya mereka yang bersungguh- sungguhlah yang bisa melewatinya. 

Namun tahukah kamu bahwa ternyata diantara para manusia, ada orang-orang yang dimudahkan jalannya menuju surga ? Mereka adalah orang-orang yang sangat istimewa dan memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah SWT.

Inilah Orang yang Dimudahkan Jalannya Menuju Surga

Bahkan semasa hidupnya pun, orang-orang menyebutnya sebagai sosok yang juga sangat istimewa. Selain itu, ketika ia meninggal dunia, maka amalan kebaikannya pun akan terus mengalir. Lantas siapakah orang yang dimudahkan jalannya menuju surga tersebut? Berikut penjelasan selangkapnya.

Ternyata Orang yang dimudahkan jalannya menuju surga adalah orang yang mau menuntut ilmu di setiap waktunya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa, 
"Barang siapa yang menempuh jalan-jalan orang yang menuntut ilmu,” sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam suatu ketika, “niscaya Allah Ta’ala akan memudahkan jalannya menuju surga" (HR. Muslim)

Bahkan setiap orang yang telah meninggal maka amalnya akan terputus, kecuali tiga perkara, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa dari anak sholeh atau sholehah. Ilmu adalah satu-satunya hal yang bisa dimiliki oleh setiap orang, baik itu orang miskin, kaya, laki-laki ataupun perempuan.

Mereka yang berilmu bukan hanya dilihat dari sederetan gelar akademiknya, bukan pula dari pakaiannya yang rapi dengan setelan jas mahal dan dasi. Namun lebih dari itu semua, sebab orang yang berilmu adalah soosk yang besar rasa takutnya kepada Allah SWT.

Sehingga mereka akan memanfaatkan pengetahuan yang dimilikinya untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Rabbnya. Dimana obsesi terbesar dalam hidup mereka adala mengamalkan apa yang di dapat, kemudian berupaya untuk senantiasa istiqomah dan menyampaikannya kepada orang lain. 

Oleh sebab itulah mereka yang berilmu memiliki keutamaan yang istimewa di mata Allah SWT yaitu derajatnya yang lebih tinggi dibandingkan hamba-hamba yang lain. Sebab ilmu yyang dimilikinya akan membuat mereka lebih mulia dibandingkan orang-orang yang pandir namun sok tahu atau mereka yang enggan menuntut ilmu karena malas. 

Sehingga maka benarlah bahwa ilmu lebih didahulukan daripada amal. Sebab ilmu yang benar akan menuntun seseorang untuk beramal secara sempurna kepada Allah SWT. Dan oleh karena itupula seseorang yang beramal denga ilmunya jauh lebih mulia dari seorang ahli ibadah yang tidak menguasai perbendaharaan pengetahuan. 

Oleh sebab itulah dengan menuntut ilmu maka dapat menghantarkan kita menuju surga. Sebuah hadist meriwayatkan bahwa jika seseorang yang membantu saudaranya dalam kesusahan maka Allah akan membantunya saat dalam kesusahan juga. Jika seseorang membantu orang lain dalam lilitan hutang maka Allah juga akan membantunya kelak. Jika seseorang menutupi aib muslim lainnya maka Allah juga akan menutup aibnya. Jika seseorang menuntut ilmu di jalan Allah, maka Allah akan memudahkannya menuju surga. Apabila kaum muslim sedang menuntut ilmu di majelis-majelis dan kemudian mengamalkannya, maka Allah akan senantiasa memberikan rahmat-Nya.

Selain itu disebutkan pula jika majelis-majelis ilmu adalah taman-taman surga. Hal ini dikarenakan dengan menuntut ilmu kita dapat mengamalkannya hingga menjadi amal jariyah. Semakin kita mempelajari ajaran Islam dan ketauhidan Allah, maka Allah akan senantiasa dekat dengan kita. Inilah manfaat menuntut ilmu, jalan menuju surga.

Pada perkembangan zaman ini, banyak orang yang hanya menuntut ilmu tentang dunia, seperti ilmu sains, komunikasi, bahasa dan masih banyak lagi. Meskipun ilmu tersebut penting bagi kemajuan zaman ini, tapi akan lebih baik jika kita dapat mengimbanginya dengan ilmu agama. Banyak majlis-majlis yang menyediakan berbagai kajian untuk dijadikan sebagai ladang pahala. 

Demikian ulasan mengenai orang yang dimudahkan jalannya menuju surga.Oleh sebab itulah, marilah kita berusaha untuk selalu mengisi waktu dengan menuntut ilmu. Sebab di jaman yang modern ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menuntut ilmu. Dan semoga Allah SWT memudahkan langkah kita menuju surga dengan menjadikan diri ini sebagai penuntut ilmu yang sungguh-sungguh. Aamiin. 


Tag : Dunia Islam
0 Komentar untuk "Inilah Orang yang Dimudahkan Jalannya Menuju Surga"

Back To Top